Peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Berbagi Catatan :
Bismillahirrahmanirrahim

Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami pertihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (Q.S.Al-Israa’:1)

Hari ini tanggal 27 Mei 2014/27 Rajab adalah hari dimana peristiwa Isra Mi’raj terjadi tepatnya pada tanggal 27 Rajab 621 M, 3 tahun sebelum hijriah. Nabi kita Muhammad SAW saat itu berusia 51 tahun. Peristiwa luar biasa ini terjadi mulai dari lepas tengah malam sampai menjelang waktu subuh waktu mekah.

Waktu itu Rosulullah mengalami duka cita yang sangat mendalam. Beliau ditinggal oleh istrinya tercinta, Khodijah. Lalu beliau juga ditinggal oleh pamannya sendiri, Abu Thalib yang sangat melindungi Nabi Muhammad. Karena ditinggalkan kedua orang yang sangat beliau sangi tersebut. Atas kejadian tersebut, Allah SWT menghibur Nabi kita Muhammad SAW dengan memperjalankan beliau, sampai kepada langit untuk bertemu dengan Allah SWT.

Isra’ dan Mi’raj merupakan dua kejadian yang berkesinambungan dan kesatuan yang tidak terpisahkan. Isra’ berarti perjalanan dimalam hari sedang mi’raj adalah tangga alat naik. Peristiwa Isra’ Mi’raj bermula ketika Malaikat Jibril AS mendapat perintah dari Allah untuk menjemput Nabi Muhammad SAW untuk menghadap Allah SWT. Jibril membangunkan Rasul dan membimbing-nya keluar Masjidil Haram ternyata diluar masjid telah menunggu kendaraan bernama Buraq sebuah kendaraan yang kecepatannya lebih cepat dari kecepatan rambat cahaya dan setiap langkahnya sejauh mata memandang.


Agaknya yang lebih wajar untuk dipertanyakan, bukannya bagaimana Isra’ Mi’raj, tetapi mengapa Isra’ Mi’raj terjadi ? Jawaban pertanyaan ini sebagaimana kita lihat pada ayat 78 surat al-lsra’, Mi’raj itu untuk menerima mandat melaksanakan shalat Lima waktu. Jadi, shalat inilah yang menjadi inti peristiwa Isra’Mi’raj tersebut.

Selengkapnya mungkin bisa kawan lihat di blog tetangga, recommended Kisah Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

1 komentar :

Anonim mengatakan...

Maha suci Allah yang menciptakan kita semuaa, nice post (y)

Koreksi Catatan

Silahkan tinggalkan jejak kalian!!!
Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai akun google...

Galauwers

Siapa Mahasiswa Galau??