Warna Wisata Kota Palembang

Berbagi Catatan :
Kemana kaki harus melangkah jika kita ditanya prihal tentang obyek wisata Kota Palembang?? Apa ke Benteng Kuto Besak?? Atau melihat jembatan Ampera?? Hmm, tiba-tiba kita bingung bila ditanya prihal itu… Padahal bagi yang sedari kecil sudah di Palembang, seharusnya tahu betul dimana lokasi obyek wisata kota ini. Nah, kalau kita mau memikirkan mengenai hal ini sejenak. Kita akan tahu bahwa sesungguhnya obyek wisata Kota Palembang sangat mempesona. Lalu, sebenarnya apa yang menarik dari Kota Palembang?? Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung?? Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Palembang, diantaranya:

1. Nilai Historis 
Penampakan asli rumah
di uang 10.000 rupiah
terdapat di Museum Balaputradewa
Sudah lama Kota Palembang dikenal sebagai kota warisan kerajaan Sriwijaya. Sebagai kota yang sarat dengan nilai historis wajar jika Palembang mempunyai banyak museum. Salah satu museum yang wajib dikunjungi yakni Museum Bala Putra Dewa. Disana para wisatawan bisa lebih dekat mengenal kebudayaan Indonesia, khususnya Provinsi Sumatera Selatan (Palembang). Para wisatawan akan dimanjakan dengan 3.500 buah koleksi benda-benda tradisioanal Palembang.

Selain bisa melihat koleksi sejarah di Museum Bala Putra Dewa, masih banyak terdapat museum-museum lain diantaranya yang bisa anda kunjungi yakni Museum Monumen Perjuangan Rakyat, Museum Sulatan Mahmud Badaruddin II atau anda bisa juga menikmati suasana alam yang segar di Bukit Siguntang.




Museum Sultan Mahmud Badaruddin II


2. Akses Tranportasi. 
Tampilan Trans Musi Palembang
Para wisatawan tidak perlu risau ketika berkunjung ke Palembang. Bagi wisatawan luar pulau atau bahkan wisatawan mancanegara, transportasi dipermudah dengan adanya Bandara Sultan Bandaruddin II. Selain itu, untuk mempermudah akses perjalanan wisatawan mengelilingi Kota Palembang. Pemerintah Kota Palembang telah menyediakan sarana transportasi massal yang sangat praktis dan hemat tentunya.  Anda bisa menggunakan bus Trans Musi yang melewati sejumlah rute penting di Kota Palembang. Jadi wisatawan tak perlu bingung lagi ketika hendak mengunjungi objek wisata ber-icon jembatan Ampera ini.

3. Wisata Kuliner
Pilihan Empek-empek
Selain berkunjung ke berbagai tempat bersejarah, banyak yang bisa ditelusuri selama berwisata di kota Palembang. Diantaranya anda dapat melakukan wisata kuliner selama berada di ibukota Sumatera Selatan ini. Selain Empek-empek yang sudah menjadi daya tarik tersendiri dari kota Palembang, anda juga dapat mencicipi ‘kue 8 jam’ yang sudah terkenal dengan kenikmatannya. Kue ini bisa dijadikan buah tangan yang pas buat kerabat keluarga anda serta cocok untuk rekan kerja anda.

Coba juga masakan khas Sumatera Selatan lainnya, seperti Empek-empek tentunya, Pindang iwak patin maupun mi celor yang memanjakan lidah wisatawan.

4. Budaya
Pagoda (Pulau Kemaro)
Akulturasi budaya Palembang dan China sudah ada sejak dulu. Selain Kampung Kapitan ada satu kawasan lagi yang kental dengan budaya Tionghoa. Tempat ini menjadi wisata favorit di Palembang yakni Pulau Kemaro yang berada ditengah Sungai Musi. Pulau ini banyak dikunjungi karena terdapat kisah romantic di Pulau Kemaro. Pulau Kemaro kental dengan ornament Tionghoa serta pagoda yang indah dengan jumlah 9 lantai.

Traditional Dance
Masjid Cheng Ho menjadi daya tarik lainnya yang bisa dinikmati di Palembang. Sebuah masjid bergaya nuansa ornament Tionghoa. Lokasi Masjid Cheng Ho terdapat di Jakabaring. Masjid ini bisa menjadi wisata pilihan yang murah meriah di Palembang.

Selain nuansa akulturasi budaya, Kota Palembang juga terdapat kerajinan tradisional khas yaitu kerajinan Kain Songket. Biasanya masyarakat wong kito menggunakan kain ini untuk acara besar maupun acara adat. Kain Songket sudah terkenal baik di Indonesia maupun di kanca Dunia. Dengan proses pembuatannya yang sangat detail dan memakan waktu lama, wajar jika Kain Songket bisa bernilai jutaan rupiah.


5. Wisata Alam
Setelah berwisata di pusat Kota Palembang yang cenderung panas. Anda bisa datang ke Taman Puntikayu untuk mengenal keanekaragaman hayati dan satwa yang ada di Indonesia. Taman wisata Puntikayu bisa jadi alternatif wisatawan untuk bisa menghirup udara segar yang memenuhi paru-paru anda tanpa takut polusi udara. Taman Puntikayu terletak 7 km dari pusat kota Palembang tepatnya di jln Kol H Burlian. Mata anda akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan di area 50 hektar ini. Selain bisa menikmati sejuknya udara, anda bisa juga melihat sejumlah satwa di kebun binatang kecil di komplek Puntikayu.

Obyek wisata alam lainnya yakni Danau Kambang Iwak Family Park (KIF Park). Tempat wisata yang satu ini juga bisa menjadi alternative tujuan rekreasi keluarga. Taman kota ini menyediakan fasilitas dan arena permainan yang lengkap bagi wisatawan. Selain itu, ditengah danau juga terdapat air mancur yang tampak cantik di waktu malam hari.

6. Pariwisata Olahraga
Kalau Jakarta punya Gelora Bung Karno, maka Palembang juga punya Gelora Sriwijaya di Jakabaring. Atau yang lebih dikenal JSC (Jakabaring Sport Center) oleh wong kito pasca SEA GAMES XXVI di Palembang. Lokasi yang digunakan sebagai sentra olahraga di Palembang ini ternyata juga menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan. Tidak sedikit wisatawan yang memilih Gelora Sriwijaya, Jakabaring sebagai salah satu tujuan mereka saat traveling ke Palembang.

“@JafriMz:  Jangan lupa ke Jakabaring dan sekitarnya, arena berbagai cabang olahraga bertaraf Internasional lohh”
Selain tempat  wisata yang diatas, ada tempat yang wajib anda kunjungi bila berkunjung ke Palembang yakni Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Belum sah rasanya jika anda ke Palembang namun tidak menyempatkan diri kesini. Tempat ini seperti sudah menjadi landmark dan ikon bagi kota Palembang. Jembatan dengan panjang kurang lebih 1.116 meter dan lebar 22 meter ini membelah sungai Musi yang melintas di tengah kota Palembang dan menjadi salah satu jembatan besar yang ada di Asia Tenggara.

Jika anda ingin berkunjung ke Jembatan Ampera, disarankan untuk datang pada waktu malam hari. Karena saat malam hari, dari tepian Sungai Musi anda akan disuguhkan Jembatan Ampera yang bermandikan cahaya lampu yang tampak megah. Sangat indah jika anda ingin mengabadikannya dalam foto. Namun tidak salahnya anda juga berkunjung disiang hari, untuk bisa mengabadikan gambar dari atas jembatan ini.

Dan jangan lupa untuk menikmati pemandangan Sungai Musi dengan cara menyusurinya dengan ketek, yaitu perahu kayu tradisional khas Palembang. Ketek ini mudah ditemui di dermaga kecil di bawah Jembatan Ampera.



Terlepas dari berbagai tempat wisata diatas, masih ada lagi beberapa tempat yang menjadi lokasi wisata favorit wisatawan. Dari sekian banyak tempat wisata Kota Palembang, tempat wisata apa yang Anda favoritkan di Palembang??

Pict by Ramz

3 komentar :

Anonim mengatakan...

pertamax gann, wihh mantap bener.. jadi ingin kepalembang
salam dri kota gudex gann. haha

Anonim mengatakan...

Warna warni plmbang
kren gann..

rahmat mengatakan...

artikel yg keren mas, kpaan2 boleh dong main ke Palembang. just ingin lihat ampera bridge, apakah penuh warna kayak diata ehehe...

Koreksi Catatan

Silahkan tinggalkan jejak kalian!!!
Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai akun google...

Galauwers

Siapa Mahasiswa Galau??